Senin, 07 April 2014

Momen Makan Bersama Anak


Bunda, makan bersama keluarga pasti menjadi salah satu momen yang paling ditunggu – tunggu bukan ? Untuk anak yang masih balita dan masih dalam tahap belajar makan sendiri bisa jadi agak merepotkan Bunda. Rasa ingin tahu yang tinggi dan tingkah unik anak akan membuat ‘heboh’ acara makan bersama.
Mulai dari mengetukkan garpu dan sendok pada piring, mengambil makanan yang jauh dari jangkauan,atau kebiasaan  buruk lainnya saat anak - anak kita menyantap makanan. 
Pasti sedikit banyak menuntut kesabaran lebih, ya bunda? Padahal momen makan bersama sangat dinanti - nanti bagi keluarga.

Tidak perlu bingung mengatasi situasi di atas, bunda. Karena memang, anak masih butuh bimbingan dan contoh yang baik dari orang dewasa di sekitarnya, terutama ayah ibunya. Hal - hal yang perlu kita lakukan hanyalah menemani anak makan dan menasehatinya dengan baik dan lemah lembut. 

Sebagaimana yang Rasulullah SAW  lakukan ketika menemani anak makan. Perilaku anak - anak pun juga beliau perhatikan. Jikapun ada kesalahan yang anak - anak lakukan, Rasulullah meluruskan kesalahan tersebut dengan cara yang mengesankan. Subhanallah...

Semoga kita senantiasa dapat meniru akhlaq Rasulullah dan meneladani sikap beliau dalam mengajarkan kebaikan serta dapat kita ajarkan kepada anak cucu kita kelak.



Dalam Hadistnya, Rasulullah juga bersabda mengenai tata cara makan yang baik bagi anak - anak. Umar bin Salamah ra. berkata, "Ketika masih anak - anak, aku pernah dipangku Rasulullah saw., tanganku melayag ke arah sebuah nampan berisi makanan. Rasulullah saw. berkata kepadaku,'Nak, bacalah bismillah, lalu makanlah dengan tangan kanan dan ambillah makanan yang terdekat denganmu!' Maka seperti itulah cara makanku seterusnya" (HR. Bukhari dan Muslim)

Selain itu bunda, dalam kesempatan lain Rasulullah bersabda, "Mendekatlah nak! Bacalah bismillah, makanlah dengan tangan kanan dan ambillah yang terdekat" (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

Subhanallah bunda, betapa momen makan bersama anak - anak adalah sebuah momen yang sangat indah apabila kita mampu bertutur dan menasehati dengan perkataan yang lembut dalam meluruskan kesalahan saat makan bersama. 

Betapa Islam sangat menjaga hal - hal yang saat ini sangat dilupakan banyak orang yaitu makan bersama dengan tata cara yang sangat indah seperti yang Rasulullah saw ajarkan kepada kita, umatnya. 

Kunjungi Sosial Media RAFFClothing di :
 Official Website :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar