Rabu, 16 April 2014

Ajarkan Anak Adab Makan Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Anak akan belajar dari pengalaman dan kebiasaan yang diberikan oleh orang dewasa di sekitarnya, terutama orang tua yang paling dekat ikatan emosinya. Apa saja bisa dipelajari anak dari kita.

Makan dan minum adalah kegiatan yang sudah anak-anak lakukan sejak lahir. Perlahan, dengan bertambahnya usia dan ketrampilan motorik, anak harus mulai dibiasakan makan dan minum sesuai yang diajarkan oleh junjungan kita, Rasulullah SAW.

Bagaimana sebenarnya adab makan menurut Nabi ? Yuk ikuti tips - tips berikut ini :
  1. Mengambil makanan dengan tangan kanan.
  2. Saat hendak mengambil makanan, hendaklah kita mengajarkan kepada anak - anak kita untuk membaca bismillah dan apabila teelah selesai makan, maka mengucapkan Alhamdulilah
  3. Mengambil makanan yang dekat dengannya dan mengecilkan suapan karena mengamalkan sabda nabi yang mengatakan, "makanlah makanan yang ada di dekatmu"
  4. Tidak terburu - buru mengambil makanan sebelum sebelum yang lain mengambilnya.
  5. Tidak memelototi makanan yang berada di depannya dan juga orang - orang yang makan bersamanya.
  6. Tidak tergesa - gesa menelan suapan sebelum mengunyahnya dengan baik
  7. Tidak berturut - turut dalam menyuapkan makanan.
  8. Tidak mengotori makanan dan pakaiannya
  9. Tidak mencela makanan yang disajikan kepadanya. Jika makanan itu disukainya, ia memakainya dan jika makanan itu tidak disukai, ia meninggalkannya (tidak memaksakan) dan tidak mencela.

Itulah tips -tips yang dapat kita bagikan kepada bunda tentang cara makan terbaik ala Rasulullah SAW. Semoga dapat memberi manfaat. aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar